Cineam.net

Apa Itu Internet ?

Apa Itu Internet ? samakah dengan Web dan bagaimana cara kerja-nya supaya bisa terhubung, juga manfaat dan jenis akses yang dipilih. Dalam tulisan ini, kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan dasar terkait hal itu. Internet merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang-orang di seluruh dunia. Tetapi jika Anda belum pernah menggunakannya, semua informasi ini mungkin terasa sedikit membingungkan pada awalnya. Tetapi jangan khawatir, dalam pembahasan singkat ini mudah-mudahan bisa membantu Anda.

Apa Itu Internet ?

Apa Itu Internet

Apa Itu Internet ? sebagaimana kita ketahui, internet merupakan sistem jaringan yang terhubung secara global yang menggunakan TCP/IP untuk mengirimkan data melalui berbagai jenis media. Atau, jaringan pertukaran global, termasuk jaringan swasta, publik, bisnis, akademik, pemerintahan yang terhubung dengan teknologi terpandu, nirkabel, dan serat optik. Istilah internet dan World Wide Web sering digunakan secara bergantian, tetapi mereka tidak sama persis; internet mengacu pada sistem komunikasi global, termasuk perangkat keras, sedangkan web adalah salah satu layanan yang dikomunikasikan melalui internet. Internet juga bisa disebut jaringan global miliaran komputer dan perangkat elektronik. Dimungkinkan untuk mengakses hampir semua informasi, berkomunikasi dengan siapa pun di dunia, dan melakukan lebih banyak lagi daripada itu. Anda dapat melakukan semua ini dengan menghubungkan komputer atau bisa juga disebut online.

Apa Itu Internet, Samakah Dengan Web

Apa Itu Internet, Samakah Dengan Web ? World Wide Web (www), kependekannya biasa disebut Web merupakan kumpulan website yang berbeda yang bisa diakses melalui internet. Sebuah situs web/website terdiri dari teks terkait, gambar, juga sumber lainnya. Situs web dapat menyerupai bentuk media lain, seperti artikel atau program televisi.

Tujuan sebuah situs web dapat berupa apa saja. Seperti platform berita, iklan, perpustakaan online, forum untuk berbagi gambar, situs pendidikan dan lain-lain. Setelah terhubung, Anda dapat mengakses dan melihat situs web menggunakan jenis aplikasi yang disebut web browser. Perlu diingat bahwa web browser itu sendiri bukan internet; ini hanya menampilkan situs web yang disimpan di internet.

Cara Kerja Internet

Terkait Internet Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara kerja internet supaya bisa terhubung? Jawabannya pasti cukup rumit perlu penjelasan yang sangat detail. Sebagai gantinya, mari kita lihat beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Sangat penting untuk menyadari bahwa internet merupakan jaringan global dengan kabel fisik. Yang dapat mencakup kabel telepon, kabel TV, dan kabel serat optik. Bahkan koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan 3G / 4G mengandalkan kabel fisik ini untuk mengakses internet.

Saat Anda mengunjungi situs web, komputer Anda mengirim permintaan melalui kabel-kabel ini ke server. Server adalah tempat situs web disimpan, ini berfungsi seperti halnya hard drive komputer. Setelah permintaan diterima, server mengambil situs web dan mengirimkan data yang benar kembali ke komputer Anda. Yang luar biasa adalah bahwa ini semua terjadi hanya dalam waktu beberapa detik saja. Itu pun tergantung koneksi jaringan yang kita pakai.

Salah satu fitur terbaik dari internet adalah kemampuan untuk berkomunikasi hampir secara instan dengan siapa pun di dunia. Email adalah salah satu cara tertua, paling universal untuk berkomunikasi berbagi informasi, dan milyaran orang menggunakannya. Media sosial memungkinkan orang untuk terhubung dengan berbagai cara dan membangun komunitas online.

Ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan di dunia maya. Seperti mengikuti berita atau berbelanja sesuatu secara online. Anda dapat membayar tagihan, mengelola rekening bank, bertemu orang baru, menonton TV online, atau mempelajari keterampilan baru. Anda dapat belajar atau melakukan hampir semua hal secara online dengan terhubung ke internet.

Manfaat Internet

Hampir tidak ada batasan terkait aktivitas online. Manfaat internet menawarkan informasi, berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia, mengelola keuangan. Juga berbelanja dari rumah, mendengarkan musik, menonton video, mengelola bisnis. Membuat artikel blog, jual beli online dan masih banyak lagi. Mari kita lihat beberapa aktivitas paling umum ketika online pada saat ini.

-Mencari informasi

Dengan miliaran situs web yang online hari ini, ada banyak sekali informasi di dunia maya. Mesin pencari membuat informasi ini lebih mudah ditemukan. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan kata kunci, seperti mengetikan Apa Itu Internet ? maka mesin pencari akan mencari situs web yang relevan. Ada banyak mesin pencari yang dapat Anda gunakan, beberapa yang paling populer diantaranya, Google, Yahoo, dan Bing.

-E-mail

Email adalah cara untuk mengirim dan menerima pesan di dunia maya. Hampir setiap orang yang menggunakan internet memiliki akun email sendiri. Diperlukan untuk melakukan apa saja secara online, dari mulai mengirim file ataupun menggunakan mobile Banking hingga membuat akun untuk verifikasi.

-Jaringan sosial

Jejaring sosial/media sosial adalah cara lain untuk terhubung, berbagi dengan keluarga dan teman Anda secara online. Jejaring sosial membuat komunikasi lebih mudah berbagi dengan banyak orang secara bersamaan. Facebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

-Media online

Ada banyak situs web yang memungkinkan Anda menonton video juga mendengarkan musik. Misalnya, Anda dapat menonton video di YouTube. Layanan lain, seperti Netflix, memungkinkan Anda untuk menonton film dan acara TV.

-Bisnis online

Bisnis online ialah segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan melalui dunia maya. Aktivitas bisnis online ini bisa meliputi kegiatan jual beli online. Intinya, jika Anda memiliki suatu ide bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa langsung memulai menjualnya lewat internet.

-Tugas sehari-hari

Anda juga dapat menggunakan internet untuk menyelesaikan banyak tugas sehari-hari. Misalnya, Anda dapat mengelola rekening bank, membayar tagihan, dan berbelanja apa saja. Daripada berpindah dari satu tempat ke tempat lain, Anda dapat melakukan semua tugas ini di rumah.

Jenis Akses Internet

Setelah penjelasan apa itu yang dimaksud internet, sekarang mulai ke pembahasan jenis akses internet. Setelah mengatur komputer, Anda mungkin ingin berlangganan akses internet di rumah. Sehingga Anda dapat mengirim dan menerima email, menjelajahi situs Web, video streaming, dan masih banyak lagi. Bahkan mungkin ingin mengatur jaringan nirkabel di rumah, yang biasa dikenal sebagai Wi-Fi, sehingga dapat menghubungkan banyak perangkat secara bersamaan.

Jenis akses internet yang dipilih akan sangat bergantung di mana penyedia layanan (ISP) tersedia di daerah Anda. Bersama dengan jenis layanan yang mereka tawarkan. Berikut adalah beberapa jenis penyedia layanan yang umum diketahui.

  • Dial-up
    Ini umumnya jenis koneksi paling lambat, Anda mungkin harus menghindarinya kecuali itu satu-satunya layanan yang tersedia di wilayah Anda. Koneksi Dial-up menggunakan jaringan telepon, Anda tidak akan dapat menggunakan telepon rumah dan internet secara bersamaan.
  • DSL
    Layanan DSL menggunakan koneksi broadband, yang membuatnya jauh lebih cepat daripada dial-up. DSL terhubung ke internet melalui jaringan telepon.
  • Kabel
    Layanan ini terhubung ke internet melalui TV kabel, meskipun Anda tidak perlu memiliki TV untuk mendapatkannya. Ini menggunakan koneksi broadband, bisa lebih cepat daripada layanan dial-up dan DSL; namun, ini hanya tersedia jika TV kabel tersedia.
  • Satelit
    Koneksi satelit menggunakan broadband tetapi tidak memerlukan kabel atau jaringan telepon; terhubung ke internet melalui satelit yang mengorbit Bumi. Sebagai hasilnya, ini dapat digunakan hampir di mana saja di dunia, tetapi koneksi dapat dipengaruhi oleh pola cuaca. Koneksi satelit juga biasanya lebih lambat dari DSL atau kabel.
  • 3G dan 4G
    Layanan 3G dan 4G paling umum digunakan dengan menggunakan ponsel, terhubung secara nirkabel melalui jaringan ISP. Namun, jenis koneksi ini tidak selalu secepat DSL atau kabel. Mereka juga akan membatasi jumlah data yang dapat Anda gunakan setiap bulan, tidak demikian dengan sebagian besar paket broadband.

Demikian ulasan singkat terkait Apa Itu Internet,cara kerja dan manfaat yang didapat serta pembahasan jenis akses internet. Semoga menambah wawasan pengetahuan kita terutama bagi yang sebelumnya belum mengetahui tentang internet.