Cineam.net

Car Next Door, Penyewaan Mobil Peer-to-Peer

Car Next Door, Penyewaan Mobil Peer-to-Peer

Car Next Door adalah perusahaan Australia yang memfasilitasi penyewaan mobil peer-to-peer. Sebuah sistem di mana individu dapat menyewa kendaraan milik pribadi. Setiap jam atau setiap hari ke pengguna terdaftar lainnya dari layanan ini. Sewa mobil Peer-to-Peer adalah contoh dari "konsumsi kolaboratif", di mana keterampilan dan aset dibagi atau diperdagangkan untuk keberlanjutan dan manfaat ekonomi. Penyewaan mobil peer-to-peer saat ini sudah beroperasi di Sydney, Brisbane, Melbourne. Juga diluncurkan di Gold Coast dan telah mengumumkan rencana untuk memperluas ke kota-kota Australia lainnya termasuk bandara.

Bagaimana Cara Kerja Car Next Door

Bagaimana cara kerja Car Next Door? Perusahaan ini mengatasi kurangnya kepercayaan dan kurangnya kemudahan dengan solusi memfasilitasi orang-orang dari berbagi mobil mereka dengan orang lain, dengan cara:

  • Menyediakan forum online di mana pemilik kendaraan dan peminjam didaftar, diperiksa, dan disetujui;
  • Menyediakan sistem umpan balik untuk memungkinkan kondisi kendaraan dan perilaku anggota untuk dinilai dan dilaporkan oleh anggota lain;
  • Menyediakan teknologi dalam mobil yang memungkinkan akses tanpa kunci ke mobil, dan platform pemesanan berbasis web otomatis;
  • Menyediakan teknologi GPS di dalam mobil yang melacak lokasi mobil, mengurangi risiko pencurian dan penyalahgunaan kendaraan;
  • Menyediakan asuransi yang meliputi pemilik dan peminjam;
  • Menangani pembayaran antara pemilik dan peminjam.

Pemilik mobil baru menerima 50% atau 75% dari biaya berdasarkan waktu dan 75% dari biaya km. Mereka dapat memesan mobil mereka secara gratis dan di lain waktu, mobil harus tersedia sekitar 50% dari hari kerja dan 50% dari akhir pekan, atau penalti mungkin dapat dibebankan kepada pemilik.

Pemilik tidak memilih siapa yang dapat menggunakan kendaraan mereka selain memilih apakah pengemudi berusia 21-25 tahun atau lebih. (Sesuai persyaratan CTP greenslip), meskipun mereka dapat meminta agar pengemudi dilarang. Mengelola biaya tol dan membebankan biaya ini kepada pemiliknya setiap bulan, sebagaimana tercantum dalam situs resminya.

Driver dapat membeli bahan bakar dengan kartu bahan bakar dan ini dibebankan kembali ke pemilik setiap bulan. Biaya administrasi bulanan juga dikenakan setiap bulan (termasuk asuransi mobil dan Roadside assistance/bantuan pinggir jalan). Semua biaya ini kemudian dikurangi dari penghasilan setiap bulan, dengan sisa saldo positif yang ditransfer ke rekening bank pemilik mobil. Sekian penjelasan singkat terkait Car Next Door, semoga bermanfaat.