Cineam.net

Cara Diet Cepat dan Sehat

Cara diet cepat dan sehat memang sangat sulit untuk dijalankan secara konsisten. Dimaksudkan untuk memiliki tubuh sehat yang pastinya dambaan setiap orang. Banyak orang melakukan diet cepat tapi dengan cara tidak benar yang berakibat buruk bagi kesehatan. Cara diet cepat dan sehat adalah dengan menjaga pola makan dan juga olah raga yang teratur. Berikut ini adalah 6 cara diet dengan cepat dan sehat yang mungkin bisa Anda coba.

Cara Diet Cepat dan Sehat

Cara Diet Cepat dan Sehat

Tips cara diet cepat dan sehat ini diharapkan bisa menurunkan berat badan ideal. Tanpa harus melalui jalan medis seperti pergi ke dokter. Diharapkan dengan cara ini Anda dapat menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan secara alami. Tanpa sedot lemak ataupun mengkonsumsi pil pelangsing. Diharapkan juga dalam menjalankan diet tersebut Anda tetap konsisten yang berkelanjutan. Tanpa putus asa dengan ketidakpastian.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Cara Diet Cepat dan Sehat

Makanan berlemak memang selalu menjadi jajanan paling diminati. Tetapi makanan berlemak jika di makan dengan jumlah banyak atau berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Jika Anda akan memulai diet cepat dan sehat, cara pertama adalah kurangi porsi makan dengan makanan berlemak. Contoh jika Anda biasa makan ayam goreng 2-3 potong/hari ubahlah menjadi 1 potong perhari. Dengan perlahan menghindari makanan berlemak akan membantu Anda terbiasa dalam menjaga pola makan.

Tips

  • Pilihlah makanan yang dibakar atau dikukus ketimbang makanan yang di goreng.
  • Biasakan jangan makan sebelum tidur.
  • Minum 1-2 gelas air putih sebelum makan, itu akan membuat porsi makan Anda lebih sedikit.

2. Berolahraga Dengan Teratur

Cara Diet Cepat dan Sehat

Cara diet cepat dan sehat berikutnya adalah berolahraga dengan teratur. Selain bisa mengencangkan otot dan juga membakar lemak dalam tubuh, berolahraga juga mempercepat proses diet atau menurunkan berat badan Anda. Sisakan waktu luang untuk berolahraga. Setiap aktivitas bisa kita buat menjadi olahraga. Contoh: pergi ke tempat yang tidak terlalu jauh dengan cara berjalan kaki. Ataupun pilih naik tangga ketimbang eskalator atau Lift ketika berada di pusat perbelanjaan.

Mulailah menjadwal hari-hari Anda dari sekarang agar Anda dapat melakukan diet cepat dan sehat. Pilih hari libur Anda untuk berolahraga agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh. Membakar kalori dan lemak bisa membuat diet sehat Anda semakin cepat. Jangan memaksakan untuk berolahraga jika keadaan tubuh sedang tidak vit atau tidak mendukung. Itu bukan diet namanya tetapi lebih ke memaksakan diri yang akan berpotensi terkena penyakit seperti serangan jantung. Banyak orang melakukan diet dengan exstreme yang berakibat patal.

3. Kurangi Makanan & Minuman Dengan Kandungan Gula Tinggi

Cara Diet Cepat dan Sehat

Jika Anda pecinta makanan manis tentunya akan agak sulit untuk melakukan diet cepat dan sehat ini. Tips agar bisa menghindari makanan manis adalah dengan cara mengurangi atau memotong porsi makanan tersebut. Mengurangi bukan berarti jangan mengkonsumsi. Jika Anda ingin melakukan diet sehat dan cepat juga harus mengurangi minum minuman manis seperti kopi. Jika Anda pecinta kopi tentunya akan sulit menghindari minuman manis tersebut. Dari sekarang biasakan minum kopi dengan kadar gula rendah atau kopi dan gula yang terpisah. Supaya Anda bisa menambahkan gula lebih sedikit daripada biasanya.

4. Kurangi Makanan Yang Lambat Dicerna

Cara Diet Cepat dan Sehat

Kurangi konsumsi makanan susah dicerna atau lama dicerna oleh tubuh seperti gandum, beras cokelat dan mie instan. Makanan itu dicerna lebih lambat oleh tubuh kita daripada makanan yang berbahan gandum dan tepung. Jika Anda ingin diet cepat dan sehat lancar kurangi porsi makanan susah dicerna terutama mie instan. Menjaga pola makan memang susah jika kita tidak memiliki niat yang tinggi untuk melakukan diet.

5. Makan Sayur Sayuran Hijau Dan Merah

Cara Diet Cepat dan Sehat

Sayuran berwarna hijau sangat penting dikonsumsi agar cara diet dengan cepat dan sehat menjadi lancar. Karena merupakan sumber kalsium, zat besi dan serat larut yang akan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Juga menurunkan kadar kolesterol dan juga membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan. Beberapa contoh sayuran berwarna hijau yang baik untuk dikonsumsi. Diantaranya, kale, bayam dan brokoli yang tinggi akan serat, zat besi, vitamin A, C, K dan zat antioksidan.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah sangat dibutuhkan tubuh. Antioksidan akan berguna untuk menyerap radikal bebas sekaligus melawan berbagai penyakit. Seperti resiko kanker, stroke, tulang, gigi, penuaan makula, sakit jantung dan sebaginya. Beberapa jenis buah dan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah tomat kaya akan potasium dan vitamin C. Serta paprika merah yang tinggi akan vitamin A serta vitamin C setara dengan jeruk.

6. Konsumsi Buah buahan Yang Mengandung Air

Cara Diet Cepat dan Sehat

Mengkonsumsi buah buahan tentunya sangat baik bagi kesehatan juga untuk diet. Namun jangan sembarangan makan buah, ada berbagai jenis buah yg tidak baik untuk diet adalah buah dengan kandungan gula tinggi. Pilihlah buah dengan kandungan air di dalamnya. Selain kaya akan vitamin, buah yg mengandung air sangat baik mengontrol daya tahan tubuh kita. Apalagi ketika diet cepat dan sehat dijalankan, seperti contoh:

  • Apel
  • Pear
  • Semangka
  • Melon
  • Tomat Apel
  • Buah Naga
  • Jeruk dll

Buah-buahan pada poin-poin diatas sangat baik dikonsumsi ketika anda sedang melakukan diet. Demikian Tips 6 Cara diet cepat dan sehat yang mungkin bisa Anda coba dengan konsisten.