Cineam.net

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Dalam pembahasan kali ini, kami mencoba memberikan tips dan trik cara membersihkan ruang mesin mobil dengan aman, supaya kendaraan Anda tidak mengalami masalah dikemudian hari. Butuh kehati-hatian dalam membersihkannya, kecermatan sangat diperlukan dalam hal ini. Kalau tidak, maka penanganan yang tidak tepat akan berakibat fatal.

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Ada beberapa titik tertentu pada komponen yang tidak dibolehkan terkena air. Sebelum melakukan pencucian diharapkan mesin dalam keadaan dingin. Kalaupun mesin dalam keadaan panas, tunggu beberapa menit sampai mesin mulai terasa dingin. Karena dikhawatirkan ada komponen tertentu yang mengalami perubahan bentuk atau menciut.

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara membersihkan ruang mesin mobil haruslah mengikuti prosedur supaya tidak merusak komponen yang ada. Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan agar mesin tetap awet, terhindar dari kerusakan.

1. Pengecekan Komponen Mesin Mobil

Pengecekan komponen mesin mobil ini diantaranya, kabel-kabel busi, busi, distributor Assy (delco), dinamo starter, altenator, fuse (sekering), engine control unit (ECU), dan semua soket kelistrikan. Lindungi komponen-komponen tersebut dengan menggunakan plastik.

2. Pengecekan Tutup Oli

Pengecekan tutup oli ini diharapkan terpasang dengan baik supaya saat penyemprotan, air tidak masuk kedalam mesin yang mengakibatkan bercampurnya air dengan oli.

3. Semprot Air Dengan Tekanan Rendah

Jangan sekali-kali menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke dalam ruang mesin, dikhawatirkan air masuk melalui celah-celah kecil yang tidak tertutup plastik pelindung.

4. Gunakan Sabun Khusus

Tidak boleh menggunakan sabun dengan kadar kimia tinggi, karena akan merusak lapisan pelindung cat pada komponen dan bodi ruang mesin. Gunakan kain lembut, kuas atau sikat untuk menjangkau sela-sela yang sulit dijangkau.

5. Semprot Hingga Merata

Bersihakan ruang mesin dengan tekanan rendah sambil diusap menggunakan kain halus untuk menghilangkan busa dan kotoran yang masih menempel. Ulangi beberapa kali sampai sekiranya tidak ada kotoran yang menempel.

6. Pengeringan

Keringkan komponen yang terkena air menggunakan kain serat (plas chamois), setelah itu lakukan penyemprotan pada soket-soket kelistrikan dengan udara bertekanan tinggi agar tidak mengalami korsleting.

Cara membersihkan ruang mesin mobil memang perlu kehati-hatian, agar kendaraan Anda tetap awet. Itulah tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen didalamnya