Cineam.net

Carilah Kekayaan Lewat Pernikahan

Carilah Kekayaan Lewat Pernikahan - Menikah merupakan kewajibkan dalam agama, terutama untuk menghindari perbuatan zina. Juga banyak sekali manfaat yang akan diperoleh. Jika sudah benar-benar matang untuk melakukan pernikahan, tentunya setelah menemukan pasangan yang cocok. Maka segerakanlah untuk menikah. Juga niatkan dalam menjalani pernikahan dengan mengharap ridho Allah ﷻ.

Carilah Kekayaan Lewat Pernikahan

Janganlah berfikiran, dengan pernikahan maka hidup ini akan semakin sulit dan miskin, tapi justru sebaliknya. Dengan menikah maka Allah ﷻ akan memampukan orang tersebut. Sebagaimana firmannya dalam surat An-Nur ayat 32. "Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui", {QS An Nuur :32}.

Rasulullah ﷺ menunjukan kepada umatnya bahwa kemiskinan bukanlah suatu rintangan untuk melakukan pernikahan. Buktinya Rasulullah ﷺ berani menikahkan seorang wanita yang pernah datang kepada beliau dengan laki-laki yang miskin. Saking miskinnya, pakaian yang melekat pada laki-laki itu merupakan harta satu-satunya.

Carilah Kekayaan Lewat Pernikahan

Kebanyakan faktor utama rasa takut untuk melakukan pernikahan adalah orang tersebut miskin. Sehingga apabila menikah, orang tersebut akan mengira bahwa hidupnya nanti akan semakin susah dan sengsara. Padahal, Allah ﷻ berkata lain, justru dengan menikah Allah ﷻ akan memampukan dan menambah kekayaannya. Eramuslim menjelaskan, untuk memacu motivasi sebagai penghilang rasa takut bagi orang yang enggan menikah dengan alasan miskin. Berikut ini kesaksian para Sahabat Rasulullah ﷺ yang terkait dengan pernikahan :

*Abu Bakar Ash Shiddiq : "Patuhilah Allah ﷻ dalam apa apa yang (Dia) telah perintahkan padamu untuk menikah. Dia Allah ﷻ akan memenuhi janji-Nya untuk membuatmu kaya".

*Umar bin Khattab : "Carilah kekayaan lewat pernikahan. Aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih aneh daripada seorang laki-laki yang tidak mencari kekayaan lewat pernikahan. Padahal Allah ﷻ telah menjanjikannya : "…Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya", {QS An Nuur :32}.

*Abdullah bin Mas’ud : "Temukanlah kekayaan dengan menikah."

Bukankah janji Allah ﷻ ini sudah jelas. Sebagaimana janjinya untuk memampukan dan meluaskan rezekinya bagi orang yang hendak menikah. Pernikahan semata-mata mengharap keridhoan Allah ﷻ.

Manfaat Menikah

Ditinjau dari semua segi, menikah ini sangat banyak sekali manfaatnya, terutama dari segi kesehatan. Para ahli peneliti menjelaskan, banyak sekali keutaman yang didapat dalam pernikahan. Seperti meningkatkan status kesehatan mental dan fisik. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan, bahwa beberapa manfaat dari pernikahan ditinjau dari segi kesehatan, diantaranya:

1. Membantu Stamina Tetap Fit

International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity mengungkapkan bahwa orang yang menjalani hidup sehat ketika masih lajang sangatlah beruntung. Sebab stamina yang fit dengan pola hidup sehat sebelum menikah akan mudah sekali menularkan kepada pasangannya. Penularan ini biasanya melalui ciuman mesra dari orang yang menjalani hidup sehat kepada pasangan hidupnya.

2. Membahagiakan Hidup

Banyak cara untuk mendapatkan kebahagiaan, tetapi kebahagiaan hidup dalam pernikahan akan sangat menjanjikan. Sebuah penelitian serius yang dilakukan di Universitas Harvard komprehensif. Mengungkapkan bahwa kebahagiaan dan komitmen banyak pasangan selama 75 tahun menemukan fakta yang membahagiakan setelah pernikahan.

3. Memperpanjang Usia

Salah satu cara untuk memperpanjang usia adalah dengan Menikah. Karena dengan menikah akan memperluas jaringan sosial di kehidupannya, yang akan menjadikan hidup berlimpah. Sebuah Penelitian yang diterbitkan "Journal of Marriage and Family" mengungkapkan, bahwa hubungan suami isteri yang menjalani pernikahan dengan serius akan memperpanjang usia.

4. Menurunkan Hormon Stres

Ketika saatnya tiba, bagi sebagian orang mungkin saja persiapan sebelum menikah akan membuat stres. Namun menikah akan membantu menurunkan risiko stres lebih lama lagi.

Maka dari itu hendaklah kita menikah dengan pernikahan berdasarkan syariat Islam yang baik dan benar. Kita harus memiliki keyakinan kepada Allah ﷻ. Bila anda ingin hidup senang di dalam pernikahan maka yakinlah dengan apa yang Allah ﷻ firmankan di surat An-Nur ayat 32. Ada pun adab-adab dalam hubungan suami istri harus berdasarkan apa yang Rasulullah ﷺ contohkan.