Cineam.net

Kabar Gembira Bagi Yang Memakmurkan Masjid

Kabar Gembira Bagi Yang Memakmurkan Masjid

Kabar Gembira Bagi Orang Yang Memakmurkan Masjid - Dimana tempat terbaik yang paling senang kita kunjungi dan bisa beristirahat di sana ? mungkin tempat wisata, pantai, istana, hotel, taman, atau tempat lain yang menyenangkan bagi orang umum. Ini tidaklah salah, selama seseorang tetap taat pada Allah ﷻ, mengharap ridha Allah ﷻ, dan bertawakal kepada-Nya. Namun sebenarnya, ada suatu tempat yang digunakan untuk melaksanakan kewajiban yang apabila seorang muslim senang tinggal di sana. Sekaligus senantiasa merindukannya, itu menjadi kunci pahala yang sangat besar. Tempat itu adalah rumah Allah ﷻ yaitu Masjid. Berikut ayat terkait janji Allah bagi orang-orang yang memakmurkan rumah Allah ﷻ.

Memakmurkan Masjid

Allah ﷻ berfirman : "Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk". (Qs. At-Taubah: 18).

Rasulullah ﷺ banyak mengabarkan berita gembira bagi orang-orang yang memakmurkan masjid : "Barangsiapa yang berangkat ke Masjid di waktu pagi atau petang, Allah ﷻ persiapkan untuknya disurga tempat pada pagi dan petang".

Dalam hadits yang lain Rasulullah ﷺ menyebutkan pahala berupa naungan-Nya di hari pembalasan. Dihari dimana tidak ada naungan kecuali naungan Allah ﷻ.

Masjid merupakan tempat bagi orang-orang yang bertaqwa sekaligus pemilik cahaya di hari kiamat, sabda Rasulullah ﷺ : "Berilah kabar gembira pada mereka yang berjalan di dalam kegelapan menuju masjid, kelak mereka akan memperoleh cahaya yang sempurna di hari kiamat".

Dalam sabda lain yang dikisahkan oleh Abu Darda kepada anaknya tentang sabda Rasulullah ﷺ: "Sesungguhnya masjid itu adalah rumah orang-orang muttaqin, dan barangsiapa yang menjadikan masjid sebagai rumah, Allah ﷻ akan menjamin ruhnya, dan ketenangannya dalam melewati Shirath."

Kita hidupkan amalan masjid dengan memperbanyak ibadah. Termasuk sholat berjama’ah, sholat-sholat sunnah, membaca Al-Quran, dzikir ibadah, ta’lim wa ta’lum, khidmat dan lain-lain. Pembinaan diri ini akan kembali kepada orang yang berniat memperbaiki diri tersebut. Sejauh mana ia berusaha untuk menjadi yang terbaik, sejauh itu pula hasil yang ia dapat. Karenanya, perbanyaklah berdiam diri di masjid pada bulan Ramadhan atau bulan-bulan lainnya. Dimana Allah ﷻ melimpahkan rahmat-Nya yang sangat luar biasa. Mari kita song-song limpahan rahmat ini dengan memakmurkan masjid dan banyak melakukan ibadah di rumah Allah ﷻ.