Cineam.net

Kata Romantis Rasulullah Kepada Istrinya

Kata Romantis Rasulullah kepada istrinya, 'Aisyah - Rasulullah ﷺ memiliki pribadi Uswatun Hasanah (suri teladan yang baik). Seperti dari segi aspek ibadah, akhlak, mu’amalah, serta dalam hal rumah tangga. Selain menjalin hubungan baik dengan Allah ﷻ, Rasulullah ﷺ juga menjalin hubungan baik dengan manusia, dan semua makhluk hidup lainnya. Kecintaannya terhadap istri-istri beliau dan para sahabat lainnya termasuk umat ini begitu luar biasa. Sebagaimana terlihat di berbagai kitab Islam yang menceritakan tentang akhlaknya yang agung.

Kata Romantis Rasulullah Kepada Istrinya

Uswatu Hasanah terdiri dari 2 rangkaian kalimat, Uswah dan Hasanah. (Uswah أُسْوَةٌ berarti قدوة : ikutan, panutan) dan Hasanah memiliki pengertian "yang baik". Jadi Uswatun Hasanah bermakna contoh suri teladan yang baik. Bagi umat islam tokoh utama yang menjadi uswatun hasanah adalah Baginda Rasulullah ﷺ.

Sebagaimana Allah ﷻ menyebutkannya dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 33: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." {QS. Al-Ahzaab: 21}.

Kata Romantis Rasulullah

Pada kesempatan ini penulis hanya memberikan sepenggal Uswatun Hasanah Rasulullah ﷺ berupa kata romantis Rasulullah yang ditujukan kepada istrinya 'Aisyah radhiyallahu anha. 'Aisyah pernah berkata kepada Rasulullah ﷺ : "Wahai Rasulullah ﷺ, bagaimana rasa cintamu untukku ? Beliau ﷺ bersabda : "Cintaku untukmu seperti ikatan tali". Maka akupun bertanya: Ikatan seperti apa itu wahai Rasulullah? Maka beliau ﷺ menjawab: "Seperti ikatan tali yang takkan pernah lepas", (HR. Abu Nu’aim Al-Asbahani dalam Hilyah Al-Aulia 2/44).

Setelah mendengar kata-kata romantis itu, maka 'Aisyah radhiyallahu anha pun tertawa dan tersenyum manis kepada suaminya, (Rasulullah ﷺ). Pada kesempatan yang lain Rasulullah ﷺ juga pernah menyatakan cintanya kepada 'Aisyah di hadapan para sahabat-sahabat beliau. Rasulullah ﷺ ditanya: "Siapa yang paling engkau cintai wahai Rasulullah? Beliau ﷺ menjawab: "Yang paling aku cintai adalah 'Aisyah. Maka beliau ﷺ ditanya lagi : Kalau lainnya, maka siapa ? Maka beliau menjawab: "Ayahnya 'Aisyah (Abu Bakr)", (HR. Bukhari, Tirmidzi, dll).

Masih banyak kata-kata ungkapan rasa sayang beliau yang ditujuakan untuk istrinya. Pada kesempatan kali ini hanya sebagian kecil saja kata romantis Rasulullah kepada istrinya yang dikemukakan. Alamiry