Cineam.net

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan tubuh begitu sangat penting, sangat banyak dan mengonsumsinya sangat baik untuk tubuh juga kesehatan kita. Tubuh memerlukan asupan vitamin yang berkualitas guna untuk mencukupi kebutuhan sehari hari. Apakah pernah kita mencukupi asupan vitamin bagi tubuh kita? Apakah pernah kita memperhatikan asupan apa yang kita konsumsi sehari-hari? dan pastinya jarang sekali orang memperhatikan asupan vitamin yang kita konsumsi sehari-hari.

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin saat ini terlalu banyak tawaran makanan yang menyajikan menu-menu makanan enak dan menggiurkan selera kita semua. Akan tetapi dari menu makanan yang menggiurkan itu adakah kandungan vitamin yang tersaji didalamnya. Asupan vitamin sangat perlu diperhatikan karena tubuh ini sangat diperlukan untuk aktifitas sehari-hari dan jangan sampai menyesal dikemudian hari. Jangan sampai ketika tubuh telah merasakan sakit baru menyadari hal ini.

Sehat itu mahal karena dengan sehat kita bisa melakukan aktivitas rutin dengan tubuh yang fit. Untuk itu, kita bisa memulai dari menyadari hal pola makanan. Bisa memilah dan memilih makanan apa yang cocok untuk dikonsumsi dalam tubuh kita. Berikut mungkin makanan yang sudah Anda ketahui tapi belum tahu manfaat dan kandungan apa yang ada didalamnya.

Diantaranya cukup dengan mengonsumsi buah-buahan dengan memiliki khasiat tersendiri. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh serta memberikan asupan vitamin dan nutrisi. Banyak buah-buahan yang mudah ditemukan di pasar dengan harga yang cukup terjangkau tentunya. Seperti buah-buahan ini memiliki khasiat tersendiri, yuk langsung saja apa saja sih manfaat buah-buahan berikut ini.

Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah jeruk begitu sangat penting juga sangat baik bagi tubuh. Merupakan buah segar yang mempunyai banyak kandungan vitamin C, protein, kalori juga kandungan serat tinggi lainnya. Tidak hanya itu, jeruk juga mempunyai kandungan gizi serta mineral yang sangat baik bagi tubuh. Pastinya buah jeruk ini sangat mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang cukup ekonomis. Khasiat dari buah jeruk ini diantaranya; dapat meredakan sembelit, mengatur tekanan darah, mencegah kanker, melindungi tubuh dari penyakit jantung, melawan infeksi virus, dan lain-lain.

Manfaat Buah Apel

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Apel yaitu salah satu buah yang mempunyai manfaat serta kandungan yang cukup komplit akan vitamin. Buah apel yang sangat sering kita temui ini, kaya akan berbagai vitamin A/B1/B2/B3/B5/B6 juga vitamin C. Tidak hanya itu, buah apel juga memilki kandungan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti halnya kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Khasiat buah apel yang kaya akan antioksidan ini dapat menjadi alternatif untuk mencegah penyakit. Seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, juga kanker prostat. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah apel memiliki khasiat dapat mengatasi berbagi penyakit. Seperti penyakit jantung, mengurangi berat badan atau obesitas, serta mampu menurunkan kolesterol.

Manfaat Buah Papaya

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Buah pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan serta banyak manfaat. Buah ini mempunyai kandungan zat betakaroten yang mampu membuat vitamin A. Selain itu, papaya mempunyai kandungan zeasantin, yaitu senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan sinar ultraviolet. Buah pepaya harganya sangat terjangkau, memiliki banyak nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Contohnya, kolin untuk kesehatan syaraf, vitamin C untuk imunitas, kalium untuk pembulu darah juga otot. Khasiat lainnya yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit.

Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pisang ini selain memilki kandungan gizi untuk kesehatan tubuh juga memiliki khasiat lainnya. Seperti, dapat mencegah berbagai penyakit seperti halnya, penyakit kanker, asma, tekanan darah, dan penyakit jantung. Pisang merupakan buah yang sangat umum di masyarakat karena sangat mudah ditemukan terutama di daerah pedesaan. Manfaat yang terkandung dalam buah pisang juga diantaranya, untuk kesehatan mata, melancarkan sistem pencernaan, sistem peredaran darah, serta menyehatkan otak. Mengonsumsi buah pisang baik juga untuk ibu hamil sebab terdapat kalori, prebiotik, pektin, vitamin mineral dan lain-lain.

Manfaat Buah Tomat

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Pastinya sungguh tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yaitu buah tomat. Buah tomat yang juga masuk ke dalam jenis sayuran ini mempunyai manfaat serta kandungan vitamin yang sangat banyak. Buah tomat penuh akan betakaroten, vitamin C, kalium, juga mineral. Nutrisi tomat yang sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh yaitu licopene. Licopene adalah senyawa yang dipercayai para ahli dibidang kesehatan yang memiliki khasiat mencegah kanker prostat pada pria.

Buah Mangga

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah mangga yakni untuk mencegah penyakit diabetes juga sebagai perawatan kulit yang digunakan sebagai masker wajah. Kandungan beta-karoten dalam buah mangga dapat mencegah penyakit kanker prostat. Selain itu, ekstrak polifenol yang terkandung dalam buah mangga sangat bagus. Yakni untuk mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti, kanker payudara, usus, prostat, dan leukimia. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah mangga sangat baik untuk pertumbuhan jaringan kulit kepala dan struktur rambut. Buah mangga juga mempunyai kadar serat yang tinggi sehingga berkhasiat dalam melancarkaan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan penyakit pencernaan lainnya.

Buah Rambutan

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah rambutan ini mengandung vitamin yang diperlukan bagi tubuh kita. Buah yang tumbuh di daerah tropis ini didalamnya mengandung kaya manfaat serta vitamin, diantaranya:

  • Karbohidrat: Karbohidrat sangat diperlukan bagi tubuh kita karena karbohidrat merupakan sebagai sumber energi bagi tubuh.
  • Protein: Protein merupakan sebagai pengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh dan dapat diganti menjadi sel yang baru.
  • Serat: Serat diperlukan dalam tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Vitamin A: Vitamin A sangat bagus untuk menyehatkan mata.
  • Vitamin C: Vitamin C sebagai antioksidan dan bermanfaat banyak bagi tubuh, dan sumber mineral lainnya. Seperti kalsium, zat besi, fosfor, niacin pottasium, zinc, dan magnesium.

Manfaat Buah Duku

Manfaat Buah-buahan Untuk Kesehatan Tubuh

Buah duku ini sangat kaya akan manfaat serta sumber vitamin. Didalamnya banyak pula kandungan yang baik untuk tubuh kita. Bagi yang belum tahu, berikut kandungan yang terdapat dalam buah duku ini, diantaranya:

  • Vitamin C: Vitamin C didalam buah duku kegunaannya sangat baik bagi tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan dan bermanfaat banyak bagi tubuh.
  • Vitamin E: Vitamin E sangat efektif untuk kesehatan kulit.
  • Serat: Serat diperlukan dalam tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan.
  • Kandungan lainnya seperti fosfor dan lainnya terdapat didalam buah ini.
  • Selain itu manfaat dari buah duku sangat banyak, diantaranya buah duku bisa untuk menurunkan berat badan. Bagi yang menjalankan program diet, tidak ada salahnya mencoba buah duku ini.

Nah itulah penjelasan singkat manfaat buah-buahan untuk kesehatan tubuh kita. Daftar buah-buahan diatas sering kita jumpai yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Ingat kesehatan itu mahal, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Mulailah dari sekarang belajar hidup sehat dengan memilih makanan yang bergizi seimbang.