Cineam.net

Manusia Berhati Setan di Akhir Zaman

Manusia Berhati Setan di Akhir Zaman

Suatu ketika Rasulullah ﷺ bersabda: ''Akan muncul di akhir zaman, kelompok orang bermuka manusia berhati setan, mereka bersifat serigala, membahayakan. Hatinya tidak ada kasih sayang. Mereka menumpahkan darah. Mereka pun tidak membenci perbuatan jahat. Jika kamu ikuti, mereka akan mendekatimu; Jika kamu menunda-nunda terhadap mereka, niscaya mereka akan menggunjingmu; dan jika kamu memercayainya, mereka mengkhianatimu.

Anak-anak mereka banyak utang, pemuda-pemuda mereka kurang ajar, dan para orang tua mereka banyak berbuat dosa. Mereka tidak mau menyuruh pada kebaikan dan tidak mau melarang kemungkaran. Jika menganggap mereka mulia, jadilah kamu terhina, dan jika meminta apa yang ada pada mereka, mereka menjadi fakir. Pada mereka hukum menjadi bid'ah dan bid'ah menjadi sunnah. Oleh karena itu, ketika keadaan seperti ini telah muncul, maka Allah memberikan kepada mereka penguasa jahat. Orang yang menjadi pilihan mereka itu berdoa, tetapi tidak dikabulkan.''

Ketika merenungkan sabda Rasul ﷺ  tersebut di atas, kita kemudian menjadi bertanya-tanya. Apakah mungkin saat ini masa yang digambarkan Rasul ﷺ  itu telah datang? Masa ketika orang bermuka manusia, namun berhati setan dan berperilaku serigala. Kasih sayang sesama manusia telah jauh dicampakkan. Perbuatan jahat menjadi hal biasa dan bukan sesuatu yang dibenci. Masa ketika utang telah menumpuk dan sulit terbayar. Para pemuda banyak yang tidak waras dan menjadi pecandu narkoba, pelahap pornografi, pelaku tawuran, dan penganjur gaya hidup bebas. Masa ketika para orang tua pun telah banyak menumpuk dosa.

Dosa akibat penyalahgunaan jabatan, penyelewengan wewenang, pengurasan harta negara, penghambur-hamburan uang rakyat. Mereka menutup telinga, mata, dan hati, dari kebenaran. Jiwa amar makruf nahi munkar seakan-akan telah menjadi barang mewah yang tidak semua orang memilikinya. Hukum Allah pun tidak lagi dijadikan acuan. Kemudian yang kita khawatirkan adalah ketika di tengah-tengah kita diberi penguasa jahat. Terlebih lagi ketika doa kita ini menjadi sulit untuk dikabulkan.

Kita tidak henti-hentinya bertanya-tanya, apakah para penguasa di negeri ini dalam kategori penguasa jahat itu? Wallahu alam. Namun, kita berharap, semoga Allah ﷻ tidak menjadikan kita seperti orang-orang yang digambarkan manusia berhati setan di akhir zaman dalam hadis tersebut di atas.