Cineam.net

Masalah Butterfly Keyboard di MacBook Air 2018

Masalah Butterfly Keyboard di MacBook Air 2018 - Pada Tahun 2016 silam, Apple yang merupakan perusahaan teknologi multinasional. Yang berpusat di Cupertino ini memperkenalkan desain butterfly keyboard. Ketika merilis MacBook Pro yang dilengkapi alternatif Touch Bar. Keyboard terbaru itu jauh lebih tipis daripada scissor keyboard pada MacBook pendahulu Apple. Pihak perusahaan mengemukakan bahwa keyboard ini lebih tahan lama dan anti tumpukan debu.

Masalah Butterfly Keyboard di MacBook Air 2018

Pihaknya juga mengatakan bahwa dari segi desain, butterfly keyboard ini terlihat lebih elegan dan futuristik. Tetapi sangat disayangkan, keluhan demi keluhan terus bermunculan dari pihak pengguna. Salah satunya, keluhan tersebut datang dari seorang YouTuber terkenal, Lewis Hilsenteger, melalui channel "Unbox Therapy".

Dirinya mengeluhkan keyboard yang merupakan generasi ke-3 pada MacBook Air produksi 2018 ini. Permasalahan terletak pada tuts untuk huruf "e" yang kerap tertulis dobel pada saat ditekan satu kali. Lewis Hilsenteger juga menjelaskan. Bahwa selain karakter suaranya yang bising. Juga pola pengetikan "e" menjadi "ee", bahkan "eee" pada butterfly keyboard di MacBook Air keluaran 2018 itu.

Permasalahan lainnya yakni terjadi secara acak dan sulit diprediksi. Seperti pada saat mengetikkan satu kalimat/paragraf, pada poin tertentu masalah tersebut akan muncul dan mengganggu. Hilsenteger mempraktekan masalah yang kerap terjadi ketika penekanan tuts "e" dan spasi secara berulang dengan tempo stabil. Tetapi masalah itu kerap kali muncul di beberapa bagian. Fitur untuk perbaikan otomatis (auto-correct) di MacOS tidak bisa mendeteksi dan mengatasi masalah tersebut.

Untuk masalah keyboard di MacBook Air 2018 ini. Apakah ini hanya menimpa segelintir pengguna MacBook Air 2018 saja ataukah sifatnya universal. Yang jelas, keluhan demi keluhan ini memang kerap kali muncul di forum-forum ataupun dunia maya. Sejak pertama kali diterapkan di lini MacBook Pro. Padahal waktu sebelumnya pihak Apple mengklaim telah memperbaiki problem tersebut terkait keyboard yang kini sudah memasuki generasi ketiga.

Masalah Umum Butterfly Keyboard

Permasalahan umum yang kerap kali dikeluhkan pengguna keyboard ini diantaranya, suara pengetikan yang lebih nyaring. Juga jari mudah lelah karena tuts tidak empuk. Serta kecenderungan tuts yang macet/tertahan di bawah dan tidak kembali pada posisi semula setelah ditekan. Banyak pengguna mengeluhkan masalah yang kerap terjadi pada butterfly keyboard di MacBook Air 2018 ini. Sehingga sempat membuahkan gugatan hukum class-action terhadap Apple dari para pengguna MacBook, sebagaimana dikutip dari LaptopMag.