Cineam.net

Pengkhianatan Mengundang Murka Allah

Pengkhianatan Mengundang Murka Allah

Pengkhianatan merupakan kejahatan yang mengundang murka Allah. Bagi mereka yang sedang melakukan kerjasama, jika melakukan pengkhianatan, maka akibatnya ridha Allah akan diganti dengan murka-Nya. Tidak hanya itu, pengkhianatan mengakibatkan kemudahan akan diganti dengan kesulitan. Ukhuwah dan persaudaraan akan diganti dengan pertentangan dan pertengkaran.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda, "Allah ﷻ telah berfirman: Aku adalah pihak ketiga dari dua orang yang berserikat, selama salah satunya tidak mengkhianati kawannya. Apabila terjadi pengkhianatan, maka Aku akan keluar dari perserikatan tersebut." (HR Abu Daud)

Hadits qudsy (Hadits yang berisikan firman Allah ﷻ) tersebut, meskipun pada mulanya berkaitan dengan syirkah (kerjasama) dalam usaha peternakan, makna dan kandungannya mencakup semua kegiatan kerjasama. Bahwa Allah ﷻ sangat mencintai satu atau kelompok orang yang selalu mengembangkan kerjasama dalam berbagai aktivitas mereka, tanpa pengkhianatan. Kerjasama yang harmonis akan meredam sifat individualistis dan egoistis. Sebaliknya akan menumbuhkan ruh ta'awun (tolong-menolong) dan ruh takaful (saling menanggung), yang sangat dibutuhkan dalam menata kehidupan.

Dalam membangun rumah tangga yang kokoh dan sakinah, suami-isteri harus bekerjasama dengan baik, juga orang tua dan anak mereka. Sebaliknya, dengan melakukan pengkhianatan, rumah tangga akan hancur. Dengan pengkhianatan suatu organisasi, lembaga, atau partai tidak mungkin dapat dibangun dengan kokoh, kecuali dengan kerjasama harmonis. Jika terjadi pengkhianatan, akan rusak dan hancurlah lembaga tersebut.

Demikian pula dalam membangun bangsa dan negara, apalagi dalam menanggulangi berbagai krisis yang terjadi pada bangsa kita sekarang ini, tidak mungkin semuanya dapat dilakukan kecuali dengan kerjasama antarkomponen bangsa, termasuk antarunsur eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Ini dengan catatan, semua komponen bangsa, apalagi para pemimpinnya, tidak terlibat dalam pengkhianatan, misalnya dengan melakukan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Pengkhianatan ini merupakan perbuatan yang sangat jahat, mencakup beberapa hal tindakan kejahatan yang serius. Pengkhianatan juga bisa berupa rencana pembunuhan ataupun bisa berupa ketidakpatuhan yang merugikan orang lain. Karena itu, presiden, wakil presiden, para menteri yang dipilih, juga keluarganya, dan para pemimpin lainnya, hendaklah berusaha memberi contoh untuk tidak terlibat dalam pengkhianatan, seperti melakukan KKN. Insya Allah recovery akan dapat dilakukan dengan dukungan penuh masyarakat. Walahu 'alam bi ash-shawab