Cineam.net

Resep Ayam Panggang : Bahan-bahan dan Cara Membuat

Resep ayam panggang, bahan-bahan dan cara membuat memang terbilang gampang-gampang susah. Masakan yang satu ini sangat digemari oleh pencari kuliner di tanah air. Menu ayam panggang hangat sangat pas dihidangkan ketika cuaca dingin, terlebih bila disajikan dengan nasi hangat. Juga tak ketinggalan sambal dan sayuran tentunya. Supaya menu ayam panggang ini lebih sehat, Anda bisa padukan dengan salad sayur. Berikut ini resep ayam panggang yang bisa anda praktekkan dirumah bersama keluarga tercinta.

Resep Ayam Panggang : Bahan-bahan dan Cara Membuat

Resep Ayam Panggang

Resep ayam panggang merupakan hidangan yang mungkin tak asing lagi dilingkungan Anda. Atau mungkin, menu ini merupakan hidangan favorit Anda sendiri. Jika umumnya Anda sering menyantap menu ayam panggang di restoran. Tak ada salahnya bila saat ini Anda dapat menyajikan sendiri menu ayam panggang bumbu spesial di rumah. Penasaran seperti apa resep dari ayam panggang bumbu istimewa yang mudah dibuat ini? Yuk, simak langsung resepnya berikut ini.

Baca Juga: Resep Semur Ayam

-Persiapan bahan: 25 menit
-Waktu memasak: 50 menit
-Total waktu yang dibutuhkan 75 menit
-Jumlah porsi sebanyak 8 Potong

Bahan-bahan :

a. Bumbu utama ayam :

  • 1 ekor ayam
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 1/2 sdm kecap manis
  • 400 ml air
  • 2 btg serai, dimemarkan

b. Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 bh cabai merah besar
  • 2 cm jahe
  • 8 btr kemiri, disangrai
  • 12 btr bawang merah
  • 3 bh cabai merah keriting
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt gula merah
  • 1 bh tomat
  • 1 sdt garam

Baca Juga: Resep Gulai Ayam

c. Mempersiapkan bahan utama:

  • Sebagai langkah pertama, terlebih dahulu bersihkan ayam. Hal ini sangatlah penting sebab daging ayam yang baru saja Anda beli belum tentu memiliki jaminan kebersihan. Oleh karena itulah, silahkan bersihkan kembali dengan memakai air yang bersih.
  • Namun, sebelum Anda membersihkan daging ayam, Anda harus potong-potong terlebih dahulu ayam utuh dengan potongan sebanyak 8 bagian. Atau bila anda merasa potongan ini sangat kecil maupun terlalu besar, Anda pun dapat menyesuaikan potongan tersebut dengan selera Anda.
  • Masukkan pula ayam yang tadi telah dipotong-potong kedalam wadah. Setelah itu bawalah ayam ke tempat pencucian. Untuk dibersihkan dengan air secara merata dan benar-benar bersih.
  • Bilas ayam dengan dimulai dari bagian terluar secara merata hingga bersih. Jika mendapati banyak kotoran yang menempel pada ayam ataupun bulu-bulu halus yang masih menempel. Maka Anda harus bersihkan bagian ini juga.
  • Angkatlah ayam yang telah bersih dan masukkan ke dalam wadah. Kemudian ditiriskan air cuciannya supaya tidak menggenang di dalam wadah.
  • Sementara itu, agar bau amis yang menempel pada ayam dapat hilang, maka Anda harus bersihkan ayam. Dengan memberikan air perasan jeruk nipis dan juga ditambah dengan sedikit taburan garam. Aduk-aduk hingga merata. Remas-remas sedikit hingga bumbu marinasi ini meresap ke dalamnya dengan sempurna.

Baca Juga: Resep Soto Ayam

Cara membuat :

  • Jika daging ayam telah dilumuri dengan bumbu marinasi dari air jeruk dan garam. Tusuk-tusuk daging ayam dengan menggunakan tusukan sate ataupun garpu. Biarkan sementara selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dimaksudkan agar bumbu marinasi tadi dapat meresap pada daging ayam secara merata. Juga menghilangkan bau amis.
  • Setelah proses di atas, rebuslah ayam di dalam panci sampai mendidih dan ayam berubah warnanya. Serta tekstur daging menjadi lebih empuk, matang secara merata.
  • Masukkan pula kecap manis ke dalam rebusan ayam. Masak sampai bumbu kecap ini meresap ke dalam daging ayam secara merata.
  • Angkatlah ayam yang tadi sudah direbus. Masukkan ke dalam loyang tebal. Lalu masukkan ke dalam oven atau panggang selama kurang lebih 30 menit dengan suhu sekitar 180 derajat celcius. Sembari diolesi dengan bumbu sampai matang.
  • Jika ayam sudah matang, keluarkan ayam dari dalam oven. Hidangkan di atas piring saji. Untuk selanjutnya resep ayam panggang sudah selesai. Kini siap untuk dinikmati dan disantap bersama keluarga.

Baca Juga: Resep Rendang Ayam

Tips Membuat Resep Ayam

Ayam memang selalu menjadi menu paling mudah jika disajikan di setiap saat. Bagi Anda yang ingin memasak ayam panggang, pastikanlah bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna. Mau tahu cara dan tips-tips mengolah resep ayam panggang, berikut penjelasannya.

1. Pilih daging ayam yang segar

Menu ayam panggang terasa lebih nikmat jika menggunakan ayam yang masih segar. Gurih alami juga fresh masih terasa. Alangkah baiknya jika Anda membeli ayam, segera dibersihkan dan olah sesegera mungkin. Untuk pemotongannya, jika Anda mau membuat menu yang lebih sehat pilih potongan dada ayam. Sebab lebih rendah lemak. Untuk bagian lain potongannya jangan terlalu tebal. Juka sudah terlanjur, berikan sayatan di setiap sisi-sisinya. Agar nantinya daging ayam bisa matang dengan sempurna ketika dimasak.

2. Perasan air jeruk nipis

Ayam memang merupakan daging yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun, terkadang beberapa orang merasa tak nyaman dengan bau amis atau anyirnya. Untuk menghilangkan bau anyir, berikan perasan jeruk dan diamkan selama 10 menit. Proses ini disebut proses marinasi. Setelah itu bilas kembali guna membersihkan sisa air jeruk yang menempel. Dijamin, ayam yang akan diolah tak lagi menyisakan aroma amis dan siap untuk diolah menjadi daging panggang.

3. Seasoning atau bumbui

Haluskanlah bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, lada dan garam. Anda pun dapat menggunakan bubuk bawang putih, namun rasanya tak senikmat bawang putih segar. Sebagai bahan bumbu tambahan, bisa pula menggunakan kecap, saus barbeque atau saus teriyaki. Sesuaikan saja dengan selera Anda. Jika ingin terasa pedas, pakai cabai bubuk. Campurkan bumbu halus, bumbu bubuk dan saus, kemudian lumuri ayam dengan bumbu tersebut. Bumbu sisa ungkepan ayam memiliki citarasa gurih dari lemak ayamnya. Sehingga jika ayam diolah dengan cara dipanggang maupun dibakar akan terasa begitu lezat dan gurih. Untuk aroma, Anda dapat tambahkan daun rosemary.

4. Masukkan kulkas

Sesaat setelah ayam dibumbui, masukkan ke dalam plastik segel. Tutuplah dengan rapat plastik kemudian masukkan ke dalam kulkas, tak perlu taruh di freezer. Sebab jika ayam ini diletakkan di dalam freezer, justru akan merusak struktur daging karena mengalami proses pembekuan. Sehingga ayam tersebut menurun kualitasnya dan tak lagi lezat. Biarkan selama satu malam. Proses ini akan membuat bumbu makin meresap ke dalam ayam.

5. Bisa dipanggang atau dibakar

Pada esok harinya, Anda dapat langsung mengolahnya. Namun, setelah dikeluarkan dari kulkas, diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 5 sampai 10 menit sampai ayam tak terlalu dingin. Lalu, dapat langsung dipanggang dalam oven atau dibakar di alat pemanggang.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng

Itulah beberapa tips resep ayam panggang yang siap dihidangkan juga disantap bersama keluarga Anda di rumah.