Cineam.net

Resep Pepes Tahu

Resep pepes tahu panduan lengkap cara membuat yang sederhana ini menjadi incaran ibu-ibu dan orang-orang yang suka masakkan ini. Seperti yang kita ketahui, pepes merupakan salah satu masakan tradisional yang populer di Indonesia. Pepes kerap dijadikan sebagai lauk yang cocok untuk dimakan baik di pagi hari, siang ataupun malam hari. Pepes sendiri sangat beragam, diantaranya pepes tahu yang unik, mudah dan cepat. Berikut aneka macam pepes tahu yang bisa Anda praktekkan di rumah, disertai panduan lengkap serta cara membuat-nya.

Resep Pepes Tahu

Resep Pepes Tahu Jamur

Selain karena cukup mudah dalam membuatnya, resep pepes tahu jamur juga menjadi kesukaan karena kandungan gizinya yang cukup baik. Pepes tahu jenis ini juga bisa menjadi andalan bagi para vegetarian. Pepes tahu jamur merupakan salah satu sajian pepes yang unik dan perlu Anda coba. Berikut panduan lengkap cara membuat pepes tahu jamur.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan yakni tahu putih atau tahu china sebanyak 1 buah, 10 jamur merang di blansir dan diiris tipis-tipis. Daun kemangi 2 petik, 1 butir telur ayam, ½ sendok teh garam, ½ sendok teh gula kristal putih. ½ sendok teh merica, 7 buah cabai rawit, dan tidak lupa daun pisang sebagai pembungkus secukupnya.

Untuk bumbu-bumbu halus yang perlu dipersiapkan adalah 6 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, garam secukupnya, dan 10 cabai merah keriting.

Cara membuat

  • Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan.
  • Bubukkan tahu hingga halus, kemudian saring hingga tidak ada sisa air di dalamnya.
  • Campurkan tahu yang telah halus dengan bumbu halus.
  • Tambahkan telur ayam, gula, garam, merica dan kemangi.
  • Campurkan hingga merata.
  • Siapkan daun pisang yang bersih untuk pembungkus. Kemudian letakkan adonan ke dalam daun pisang dan letakkan cabai rawit utuh yang telah di kukus di bagian tengah daun pisang. Bungkus dengan rapi dan sematkan menggunakan tusuk gigi pada bagian ujung daun.
  • Masukkan pepes ke dalam panci pengukus yang telah dipanaskan kurang lebih 10 hingga 15 menit. Setelah itu, kukus pepes hingga matang.
  • Cek kematangan pepes tahu, jika sudah matang, angkat dan pepes tahu jamur siap untuk dihidangkan.

Resep Pepes Tahu Sederhana

Selain cara pembuatannya yang mudah, resep pepes tahu sederhana menjadi favorit karena rasanya yang lezat, apalagi ketika dimakan dengan nasi yang hangat. Meskipun dengan resep sederhana, pepes tahu sudah bisa dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Berikut panduan lengkap cara membuat pepes tahu sederhana.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja adalah tahu putih, kurang lebih sebanayk 500 gram. Daun salam, daun kemangi dan tidak lupa daun pisang. Bumbu-bumbu halus yang perlu dipersiapkan ialah 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih dan 5 buah cabai keriting. Garam secukupnya (sesuai selera), gula secukupnya, 1 butir telur dan merica secukupnya.

Cara membuat

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan memanaskan daun pisang terlebih dahulu. Kemudian diamkan dan sisihkan (hal ini dimaksudkan untuk membunuh kuman yang menempel serta untuk membuat daun pisang menjadi lebih mudah dibentuk).
  • Haluskan bumbu-bumbu dengan menggunakan blender hingga benar-benar halus.
  • Haluskan tahu menggunakan garpu sampai halus.
  • Campurkan tahu yang telah halus dengan bumbu-bumbu halus tadi. Tambahkan pula daun kemangi beserta daun salam di dalamnya. Aduk hingga merata.
  • Kukus pepes tahu kurang lebih selama 1 hingga 20 menit menggunakan api kecil atau sedang hingga benar-benar matang.
  • Koreksi kematangan pepes. Jika sudah matang, bisa di angkat dan pepes tahu sederhana siap disajikan dan disantap dengan nasi hangat.

Pepes Tahu Udang

Jika Anda mungkin bosan dengan menu hidangan yang itu-itu saja, Anda bisa membuat resep dari pepes tahu udang. Menu ini sangat cocok disajikan untuk keluarga karena nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup baik.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan ialah 200 gram udang yang sudah dikupas kulitnya (sisakan ekor beserta kerat punggungnya). 200 gram tahu dan dipotong dadu, 1 buah tomat dan dipotong-potong, 3 tangkai daun kemangi dan 9 buah cabai rawit utuh. 1 butir telur dan di kocok lepas, 2 sendok makan santan kental, 2 tangkai serai geprek (bagian putih) dan daun salam.

Tidak lupa daun pisang sebagai pembungkus. Bumbu-bumbu halus yang dibutuhkan yakni 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 butir kemiri yang dimemarkan dan disangrai. 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, garam dan gula kristal putih secukupnya.

Cara membuat

  • Langkah pertama ialah dengan menyiapkan bahan utama yakni udang. Lumuri udang menggunakan ½ senok teh air perasan jeruk lemon dan ¼ sendok teh garam (hal ini berfungsi agar uang tidak menimbulkan aroma amis). Diamkan kurang lebih selama 10 menit.
  • Haluskan bumbu menggunakan blender
  • Campurkan udang dengan tahu yang telah haluskan, tomat yang telah dicacah, kemangi, cabai rawit, telur, bumbu halus dan santan.
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.
  • Siapkan daun pisang, masukkan adonan di dalamnya dan berilah campuran udang. Selipkan pula serai beserta daun salam. Bungkuslah dan sematkan menggunakan lidi.
  • Siapkan panci pengukusan dan kukuslah kurang lebih selama 30 menit hingga matang di atas api sedang.
  • Angkat jika sudah matang dan pepes tahu udang sudah siap untuk disajikan.

Pepes Tahu Tanpa Telur

Pepes tahu tanpa telur ini lain daripada yang lain. Secara umum, memasak resep ini pastinya menggunakan telur. Namun, ada beberapa orang yang mungkin alergi terhadap protein di dalam telur. Sehingga memilih untuk memasak pepes tanpa menggunakan telur. Berikut panduan lengkap cara membuat pepes tahu tanpa telur.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan ialah 350 gram tahu putih, 100 gram daun kemangi dan 25 gram ikan teri. 5 lembar daun salam dan dipotong-potong, 2 batang serai dipotong dan digeprek, 100 ml santan, 10 buah cabai hijau, 1 siung bawang putih, dan 3 siung bawang merah. Bumbu halus yang dibutuhkan yakni 6 siung bawang merah, 2 siung bawang putih dan 1 sendok teh ketumbar. 3 butir kemiri sangrai, garam dan gula kristal putih secukupnya.

Cara membuat

  • Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan memanaskan daun pisang terlebih dahulu. Kemudian diamkan dan sisihkan (hal ini dimaksudkan untuk membunuh kuman yang menempel serta untuk membuat daun pisang menjadi lebih mudah dibentuk).
  • Haluskan tahu putih yang telah disiapkan menggunakan garpu.
  • Haluskan bumbu-bumbu menggunakan blender.
  • Campurkan tahu halus dengan bumbu yang sudah diblender. Tambahkan pula daun kemangi, daun salam, teri nasi, santan, serai dan irisan cabe hingga merata.
  • Ambil daun pisang dan masukkan adonan tahu ke dalamnya. Bungkus secara rapi dan bubuhkan lidi untuk menyematkan agar tidak lepas.
  • Siapkan panci pengukusan dan kukus kurang lebih selama 40 menit menggunakan api sedang hingga matang.
  • Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Aneka pilihan resep pepes tahu di atas bisa Anda jadikan referensi dalam memasak. Ikuti panduan lengkap serta cara membuat-nya seperti yang dijelaskan di atas.