Cineam.net

Resep Udang

Resep udang pada penjelasan kali ini sebagai panduan lengkap serta cara membuat menu ini bagi Anda yang ingin mempraktekkannya di rumah. Udang merupakan salah satu jenis hewan laut yang banyak digemari dan dijadikan sebagai olahan makanan di tanah air. Pasalnya, udang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tekstur yang lembut jika dipadukan dengan penyajian yang tepat maka akan menghasilkan hidangan yang menggugah selera. Anda bisa mencoba resep udang berikut dengan berkreasi dalam membuat makanan lezat ini bersama keluarga di rumah.

Resep Udang

Resep Udang Goreng Tepung

Resep udang goreng tepung menjadi menu andalan dan sangat digemari. Selain gurih dan renyah resep ini juga sangat mudah dibuat. Yuk simak saja panduan lengkap termasuk bahan-bahan dan cara membuat.

Bahan-bahan

Udang, tepung terigu, 2 siung bawang putih halus, 1 sdt merica, 1 sdt kecap ikan, 2 sdm air perasan jeruk lemon, 150 ml air, garam dan minyak goreng secukupnya serta tepung panir secukupnya.

Cara membuat

  • Siapkan udang yang telah dibersihkan dan beri air perasan jeruk lemon hingga merata. Lumuri pula menggunakan kecap ikan, bawang putih halus beserta garam secukupnya.
  • Biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit.
  • Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan adonan tepung terlebih dahulu yaitu dengan mencampurkan tepung terigu dengan merica beserta garam. Masukan air di dalamnya, aduk hingga merata dengan tidak terlihat adanya gumpalan pada adonan tersebut.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak. Ambil udang kemudian celupkan ke dalam adonan tersebut dan lanjutkan celup dalam tepung panir. Setelahnya goreng hingga berubah warna menjadi kuning keemasan.
  • Lakukan hingga udang habis. Setelah matang, sajikan udang goreng tepung selagi hangat. Paling mantap di makan bersama sambal.
  • Resep udang goreng tepung selesai dibuat.

Resep Tumis Udang Bumbu Kecap Merica

Resep udang yang satu ini sangat cocok untuk pemula dalam memasaknya. Caranya relatif mudah dibandingkan yang lainnya, juga soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahan-bahan

Bahan utama yang diperlukan yakni udang jerbung sebanyak 30 gram, air perasan jeruk nipis kurang lebih 1 sdt, ¼ sdt garam dan ½ sendok makan kecap inggris. Adapun bahan saus tumis udang yang dibutuhkan yakni 50 gram margarin, 1 ruas jahe (memarkan) kurang lebih 2 cm dan 2 sendok makan kecap manis.

Bahan saus lain yang dibutuhkan yakni 3 siung bawang putih dan dicincang, 1 buah bawang bombay dipotong tebal serta panjang. 1 sendok teh merica hitam kasar, ½ sdm kecap inggris, 4 buah cabai hijau dan dipotong kecil-kecil. 1 sdm saus tomat, 1 batang daun bawang dan diiris miring serta air kurang lebih 50 ml.

Cara membuat

  • Langkah pertama terlebih dahulu bersihkan udang. Bersihkan kulit udang secara merata dengan mengupas kulit bagian kepala. Juga bagian punggung sehingga terkelupas dengan merata, hanya sisakan bagian ekornya.
  • Setelahnya masukkan udang dalam wadah untuk dicuci kembali dan beri air jeruk nipis secara merata. Beri pula garam secara merata (untuk menetralisir aroma amis udang). Diamkan selama 10 menit.
  • Siapkan wajan di atas api sedang dan beri margarin di atasnya. Jika margarin telah meleleh, masukkan bawang bombany dengan ditumis hingga layu. Masukkan pula di dalamnya bawang putih, cabai dan jahe, lalu tumis hingga menghasilkan aroma yang sedap.
  • Masukkan udang di dalamnya dan aduk hingga benar-benar merata.
  • Setelahnya masukkan kecap inggris serta kecap manis sembari di aduk rata. Kemudian masukkan merica hitam kasar dan saus tomat dengan diberi sedikit air. Aduk kembali hingga benar-benar merata.
  • Masak hingga bumbu meresap ke dalam udang dan pastikan udang matang dengan sempurna.
  • Setelahnya tuangkan daun bawang dan aduk sebentar hingga rata.
  • Resep udang bumbu kecap merica telah selesai. Angkat dan sajikan tumis udang ini selagi hangat.

Udang Oseng Baby Potato Dengan Bumbu Pedas

Untuk Anda pencinta pedas mungkin resep udang oseng baby potato dengan bumbu pedas ini sangat cocok. Anda bisa membuat di rumah dengan mudah dan bisa disantap bersama keluarga tercinta.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan yaitu udang peci sebanyak 350 gram, kentang mini sebanyak 100 gram, dan daun salam 2 lembar. 1 sdt garam, 1 batang serai dan digeprek, 4 lembar daun jeruk dan dibuang tulang daunnya. Air sebanyak 250 ml, 1 buah tomat dan dipotong-potong, 14 sdt merica bubuk, 2 sdt gula kristal putih.

Jangan lupa minyak secukupnya serta 2 sdm air asam dari 1 sdt asam yang dilarutkan dalam 1 sdm air. Bahan untuk bumbu yang ditumbuk kasar ialah 5 buah cabai merah besar, 4 siung bawang putih, 10 siung bawang merah dan 5 buah cabai keriting.

Cara membuat

  • Langkah awal ialah dengan membersihkan udang diawali dengan mengupas kulit udang secara merata. Kemudian belah bagian punggung udang agar nanti udang dapat mekar ketika dimasak.
  • Selanjutnya untuk kentang mini, bersihkan secara merata.
  • Siapkan wajan dan beri minyak untuk menumis. Masukkan bumbu kasar di dalamnya, aduk bumbu hingga tercium aroma yang sedap. Setelahnya masukkan daun salam, daun jeruk dan serai geprek, aduk kembali hingga benar-benar merata.
  • Masukkan udang di dalamnya, aduk hingga udang berubah warna menjadi lebih oranye.
  • Masukkan pula potongan tomat beserta kentang yang sudah di belah. Masak kembali hingga layu.
  • Bumbui dengan merica bubuk dan garam serta gula kristal putih. Aduk kembali hingga merata.
  • Koreksi rasa, jika sudah matang dan pas.
  • Kini resep udang telah selesai dibuat. Anda bisa mengangkat dan menyajikannya selagi hangat.

Resep Udang Goreng Mentega

Untuk Anda penggemar chinese food namun sangat peduli pada nilai gizi, maka resep udang goreng mentega dapat menjadi menu andalan. Kelembutan dagingnya dapat membuat Anda ketagihan. Paduan bumbu di dalamnya memberikan cita rasa yang khas dan lezat.

Bahan-bahan

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat udang goreng chinese food ialah udang ukuran besar sebanyak 500 gram. Juga 500 gram margarin. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan ialah 7 sdm kecap asin, 7 sdm kecap inggris, 2 sdm kecap manis, ½ sdt lada bubuk, 2 siung bawang putih dicincang halus dan gula kristal putih secukupnya.

Cara membuat

  • Langkah pertama ialah bersihkan udang serta buang bagian kepalanya. Jangan lupa untuk buang bagian kulitnya. Belah juga punggungnya agar kotoran di dalamnya bersih.
  • Siapkan wajan dan beri minyak di dalamnya. Setelah minyak panas, masukkan udang. Goreng hingga berubah warna menjadi oranye. Setelah matang, angkat dan kemudian sisihkan.
  • Panaskan kembali minyak dengan api sedang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga wangi. Tambahkan kembali kecap asin, kecap inggris, kecap manis, lada saus beserta gula. Aduk hingga merata.
  • Masukkan udang di dalamnya dan lanjut kembali hingga matang.
  • Angkat dan udang goreng mentega siap disajikan bersama keluarga.

Itulah penjelasan singkat aneka macam resep udang sebagai panduan lengkap bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat menu ini. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti resep soto daging dan resep ayam penyet. Selamat mencoba!