Cineam.net

Roadside Assistance : Latar Belakang Sejarah dan Penyedia Layanan

Roadside Assistance atau layanan bantuan darurat di jalan adalah layanan yang membantu pengendara roda empat, roda dua dan pengendara sepeda. Bantuan ini untuk kendaraan yang mengalami kerusakan mekanis yang membuat pemiliknya terlantar. Dalam perjalanannya, bantuan darurat di jalan ini memiliki sejarah awal dan hingga kini masih terus berkembang di beberapa negara.

Roadside Assistance : Latar Belakang Sejarah dan Penyedia Layanan

Latar Belakang Sejarah Roadside Assistance

Latar belakang sejarah Roadside Assistance (layanan bantuan di jalan), pada awalnya pemilik kendaraan mampu melakukan perbaikan kecil untuk roda empat. Tetapi dengan kerusakan yang fatal pemilik kendaraan menjadi kesulitan dalam memperbaikinya. Beberapa klub otomotif lokal awalnya mencoba mendukung anggotanya dengan mendorong mereka untuk saling membantu. Sejumlah anggota yang akan membantu anggota lain menyisihkan untuk menyewa kendaraan derek jika diperlukan.

Sejarah layanan bantuan daruratdi Inggris, RAC (Royal Automobile Club ) dan Automobile Association (AA) dibentuk pada 1905. Menawarkan layanan perbaikan kepada anggotanya di lokasi. Ditarik ke garasi lokal atau rumah pengemudi jika dekat, biasanya (batas 20 mil). Untuk beberapa kasus menyediakan layanan perjalanan seperti menyewa kendaraan.

Sejarah Roadside Assistance (layanan bantuan darurat) di Jerman, Club Allgemeiner Deutscher Automobil mulai menawarkan layanan serupa pada tahun 1927. Untuk sejarah layanan bantuan darurat di Amerika diawali oleh American Automobile Association (AAA) dibentuk pada tahun 1902. Kemudian bergabung dengan perusahaan Kanada, Canadian Automobile Association (CAA). Banyak dari asosiasi ini adalah klub berbasis keanggotaan. Menyediakan layanan untuk membantu anggotanya melalui penggunaan armada kendaraan bantuan. Dalam sejarah layanan bantuan darurat AA Inggris, secara tradisional menggunakan sepeda motor sebelum pengenalan jenis van.

Ketika teknologi dan ketersediaan komunikasi membuatnya praktis, jaringan telepon darurat, yang ditempatkan pada interval di pinggir jalan, diperkenalkan di beberapa negara. Dalam beberapa tahun terakhir, kepemilikan ponsel yang meluas, dalam sekala besar, menggantikan kebutuhan akan jaringan telepon darurat. Teknologi seluler telah mengarah pada pengembangan aplikasi gratis.

Penyedia Layanan

Penyedia layanan Roadside Assistance (layanan bantuan darurat) di beberapa tempat, terutama di Eropa, ada asosiasi keanggotaan mobil. Disponsori pemerintah atau diberikan keanggotaan, dan layanan ini mungkin dalam bentuk polis asuransi dan premi asuransi. Bukan biaya berlangganan anggota. Layanan juga dapat tersedia sebagai bagian dari layanan perusahaan asuransi kendaraan, atau perusahaan lain yang bisnis utamanya menawarkan bantuan semacam itu. Seperti AAA di Amerika atau AA di Inggris. Beberapa produsen mobil juga menawarkan Emergency Roadside Assistance untuk pelanggan mereka. Kadang-kadang gratis untuk beberapa periode setelah pembelian kendaraan baru.

Masalah yang ditangani mencakup, mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang menyebabkan kerusakan. Menarik kendaraan, membantu mengganti ban kempes, menyediakan sejumlah kecil bahan bakar ketika sebuah kendaraan kehabisan bensin. Juga menarik keluar kendaraan yang terjebak di salju atau membuka pintu kendaraan yang macet dan lain-lain.

Di Amerika Serikat, banyak negara bagian dan Departemen Perhubungannya telah mengorganisir Patroli Bantuan Jalan Raya atau layanan yang dikelola pemerintah. Termasuk juga Patroli Keamanan Jalan Raya, untuk menjaga lalu lintas dan bantuan darurat jalan raya jika diperlukan. Meskipun bukan personil penegakan hukum, orang-orang ini memberikan layanan gratis kepada pengendara yang dalam kesusahan. Memberikan bantuan medis darurat, serta meminta truk derek untuk kendaraan di lokasi yang sukar atau berbahaya. Juga menghilangkan puing-puing dari jalan setelah kecelakaan.

Patroli ini juga menyelesaikan masalah kecil, seperti ban kempes, jumpstarts, atau mendorong kendaraan mogok keluar dari jalur ramai. Banyak dari patroli ini bekerja langsung dengan departemen Kepolisian Negara dan Departemen Perhubungan di negara mereka. Menanggapi bantuan ketika seorang warganya memanggil 911 untuk tugas layanan bantuan darurat di jalan kecil.

Sekian penjelasan singkat terkait Roadside Assistance dengan latar belakang sejarah serta penyedia layanan yang ditawarkan dibeberapa tempat.