Cineam.net

Tips Traveling ke Luar Negeri Bagi Pemula

Traveling memang sangat menyenangkan, apalagi destinasi wisata dalam negeri yang kaya akan keindahan alamnya. Tapi tidak ada salahnya juga kita mencoba mengunjungi tempat wisata di luar negeri sana. Kali ini kami mencoba membahas persiapan traveling ke luar negeri. Dikhususkan bagi traveler yang baru mencoba, untuk mencari pengalaman baru yang menyenangkan. Berikut ini beberapa tips traveling ke luar negeri bagi pemula yang mungkin bisa Anda coba agar perjalanannya semakin seru.

Tips Traveling ke Luar Negeri Bagi Pemula

Destinasi Traveling

Bagi traveler pemula yang ingin melakukan traveling ke luar negeri, usahakan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Serta tempat destinasi atau tujuan negara pertamanya memiliki sedikit kesamaan budaya. Seperti negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Thailand dan lain-lain. Pilihan tersebut supaya Anda bisa merasa seperti berada di rumah secara budaya.

Juga usahakan negara yang dituju memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Karena merupakan fasilitator besar untuk berkomunikasi di negeri asing. Sebenarnya negara-negara tersebut hanyalah rekomendasi dan bukan syarat wajib. Masih banyak tempat destinasi traveling di luar negeri lainnya, tergantung kesiapan serta anggaran yang dimiliki.

Dokumen Traveling

Dalam hal ini, kelengkapan dokumen untuk traveling sangat penting sekali. Oleh sebab itu Anda diharapkan ketelitian sebelum melakukan keberangkatan. Usahakan cek kembali kelengkapan dokumen seperti paspor, visa, asuransi dan lembaran dokumen lainnya. Alahkah baiknya, Anda juga memiliki salinan fotocopy dokumen, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Asuransi

Perbedaan asuransi perjalanan dan asuransi lainnya ialah ketika kita mengalami ketidaknyamanan dalam traveling. Seperti kecelakaan, santunan atas penundaan/pembatalan maskapai penerbangan serta masalah kehilangan bagasi.

Kartu ATM/Kredit

Sebelum melakukan traveling, persiapkan/tukarkan Rupiah ke mata uang asing sebagai alat pembayaran. Memudahkan Anda di pusat perbelanjaan luar negeri, kartu ATM atau kartu kredit bisa sebagai alternatif lainnya.

Informasi Lokasi

Pelajari lokasi traveling yang akan dikunjungai, baik itu melalui pencarian di google ataupun media informasi lainnya. Hal ini sangat penting bagi pemula, selain untuk mengetahui sejarah juga mempelajari budaya dan etika di negara tujuan. Sempatkan juga untuk mempelajari kosakata umum serta memiliki kontak darurat selama berada di negara baru.

Komunikasi

Ketika berada di luar negeri, secara otomatis panggilan telepon ke negara asal akan membuat tagihan telepon membengkak. Jangan khawatir, disebagian negara terdapat paket Roaming untuk kelancaran komunikasi kita. Jika tidak ada paket roaming terpaksa kita harus membeli kartu SIM di negara yang dikunjungi.

Kesehatan

Selalu jaga kesehatan tubuh ketika traveling. Perbedaan zona waktu mengakibatkan pola tidur tidak teratur, membuat badan terasa lelah dan kebingungan. Terutama setelah penerbangan jauh dengan melintasi beberapa zona waktu yang berbeda. Hal ini menjadi masalah traveler di luar negeri. Cara mengatasinya sangat mudah hanya luangkan waktu satu hari untuk menstabilkan stamina tubuh supaya kembali fresh.

Petualangan

Jika tubuh sudah kembali pulih, barang bawaan sudah siap, maka petualangan pun dimulai. Jelajahilah setiap sudut kota dan nikmati destinasi traveling yang dikunjungi.