Cineam.net

Tugas Lebah Dalam Koloni

Lebah memiliki tugas masing-masing dalam koloni juga merupakan makhluk yang paling istimewa. Insekta penghasil madu sebagai obat yang berkualitas tinggi di dunia ini, penyembuh bagi manusia. Selain memproduksi madu, juga menghasilkan produk untuk dunia kesehatan seperti royal jelly, pollen dan malam/lilin. Dengan mobilitas dan produktivitas tinggi, kehidupannya juga terbilang unik. Sangatlah harmoni dengan alam sekitar, seperti membantu penyerbukan bunga tanpa adanya kerusakan. Apa saja tugas dari masing-masing lebah ini, berikut penjelasannya.

Lebah Ratu (Queen)

Tugas Lebah Dalam Koloni

Tugas lebah ratu (queen) yaitu bertelur setiap waktu sesuai ketersediaan pakan yaitu bee pollen dan madu. Produksi telur akan menurun jika stok makanan habis. Ratu tidak mencari madu dan bee polen tetapi bertelur sebanyak lebih dari seribu butir dalam setiap harinya. Dirinya akan beristirahat setelah bertelur 50 butir, berkeliling memeriksa kemungkinan pembuatan calon ratu baru. Jika menemukan calon ratu baru maka ratu dewasa akan menggagalkan dengan cara memakan calon ratu tersebut. Jenis ratu bisa sampai berusia sampai 7 tahun, hanya makan royal jelly yang diproduksi oleh jenis pekerja.

Lebah Jantan (Drone)

Tugas Lebah Dalam Koloni

Lebah jantan tugasnya hanyalah membantu merapikan pada sarang dan tidak pergi keluar untuk mencari madu ataupun bee pollen. Serangga bersayap selaput ini akan mati setelah melakukan perkawinan. Juga akan dibunuh atau diusir jika stok makanan di sekitar mulai berkurang atau menipis. Kerjanya hanya makan dan berkeliling mencari ratu saat siang hari.

Lebah Pekerja (Worker)

Tugas Lebah Dalam Koloni

Lebah pekerja terbilang sangat unik, karena berjenis kelamin betina. Tugas-tugasnya diantaranya, mengumpulkan nektar dan bee polen, membuat sarang, menyusui larva mulai dari telur menetas dan menutupi sell. Beberapa pekerja akan membersihkan sarang untuk diteluri lagi. Mengeksekusi anakan yang cacat dibuang keluar dan membuat propolis untuk perlindungan. Juga memberi makan ratu dan semua pekerjaan terbanyak diselesaikan oleh jenis pekerja yang mengurusi.

Tidak hanya itu, tugas pekerja dewasa akan pergi pada pagi buta untuk melakukan survey lokasi. Survey ini dimaksudkan untuk menemukan sumber makanan dan setelah itu kembali ke sarang untuk memberitahukan letak jarak dan posisi. Kemudian lebah pekerja lainnya akan berangkat bergantian.