Cineam.net

Yamaha Niken Vs Yamaha VMax, Mana Yang Lebih Baik?

Yamaha Motor Company baru-baru ini telah memasarkan sepeda motornya dengan roda 3, yakni Yamaha Niken dengan dibekali mesin MT-09. Perusahaan asal negeri matahari terbit pada saat ini telah mengajukan sketsa paten yang tidak kalah garangnya. Pada sketsa paten tersebut memperlihatkan roda 3 lainnya, yaitu Yamaha VMax yang memiliki tampilan cruiser. Sama-sama mengusung roda tiga mana yang lebih baik, berikut ini penjelasan singkat Yamaha Niken vs VMax yang perlu anda ketahui.

Yamaha Niken

Yamaha Niken Vs Yamaha VMax, Mana Yang Lebih Baik?

Perusahaan asal Jepang ini telah meluncurkan motor Yamaha Niken dengan bentuknya yang super garang. Perpaduan roda 3 sebagai motor produksi tahun lalu di Milan. Niken dibekali dengan mesin MT-09 dan memiliki teknologi LMW (Leaning Multi-Wheeler). Teknologi ini mengurangi efek saat berkendara dan memberikan rasa stabilitas yang tinggi saat menikung.

Sistem yang digunakan dengan sepasang suspensi pada bagian belakang, juga sepasang garpu dengan isi minyak pelumas pada bagian depannya. Garpu 41-mm kosong dengan minyak pelumas difungsikan sebagai penyambung pada hub roda. Sedangkan suspensi 43-mm berfungsi sebagai penstabil dan peredam saat roda berdiameter 15-inci ini menghadapi berbagai kontur jalan.

Kaki-kaki tersebut menempel pada sistem sambungan jajaran genjang yang saling berhubungan di bawah fairing lebar Niken. Juga mengatur fungsi-fungsi kemudi dan miring, memastikan roda-roda mengarah ke arah yang benar pada saat digunakan untuk berbelok. Tidak terdapat sistem redaman khusus, listrik, hidrolika atau lainnya yang terdapat dalam sistem penghubungnya.

Pada saat pengendara memutar velg, roda berputar, dan mekanisme miring sepenuhnya pasif. Sangat berbeda dengan skuter roda tiga sebelumnya, tidak ada cara untuk mengunci roda depan dalam posisi tegak. Pada saat pengendara akan turun dari Niken ini dan lupa untuk menurunkan standar, maka motor akan jatuh. Jika roda depan merupakan hal yang baru, sisanya pada stang ke belakang lazim digunakan. Mesin dibekali dengan MT-09, swing arm, dan bagian belakang, rangka baja dan swingarm alloy.

Yamaha VMax

Yamaha Niken Vs Yamaha VMax, Mana Yang Lebih Baik?

Pada penjelasan di atas, Yamaha Niken didesain dengan sistem tautan model jajaran genjang yang mengusung empat suspensi depan. Sedangkan pada Yamaha VMax dengan sistem yang begitu beda dengan melakukan perbaikan kekurangan pada Niken. Desain baru yang diusungnya menyerupai sistem double-wishbone yang digunakan pada kendaraan roda empat dengan lengan memanjang keluar dari struktur pusat.

Secara otomatis desain pada VMax lebih banyak fleksibilitas dengan seberapa luas jarak roda pada bagian depan. Yang merupakan batasan dari desain Niken. Dengan settingan yang pas memungkinkan motor beroda tiga ini bisa miring di tikungan layaknya seperti motor biasa. Menjaga traksi 3 ban dengan jalan optimal, bahkan disaat menikung.

Pada 22 Maret 2018 lalu aplikasi paten tersebut resmi diterbitkan di Jepang, yang diajukan sebelumnya tahun 2016. Tetapi sangat disayangkan teks yang menyertai aplikasi paten tersebut sangat tidak berkaitan dengan sistem kemudi atau suspensi itu sendiri. Tetapi lebih ke sistem yang digunakan roda 3 ini saat berdiri.

Desain VMax

Desain Yamaha VMax menggunakan motor servo (berlabel 21L dalam sketsa paten) yang terhubung ke salah satu wishbones. Motor ini membantu pengendara pada saat meluruskan atau menstabilkan kendaraannya ketika keluar dari tikungan. Hal lain dari bentuk sketsa yang ditampilkan ialah bahwa Yamaha telah memilih untuk menggunakan VMax sebagai dasar untuk desain tersebut. Perlu diketahui bahwa pembuatan motor cruiser Yamaha VMax sudah begitu lama dihentikan. Tidak terdaftar lagi di situs resmi Yamaha di Eropa, USA, dan Inggris.

Pada sketsa paten yang ditampilkan, VMax dibekali dengan mesin 4 silinder V4 berkapasitas 1.679cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 200 hp dan torsi 167Nm. Dari segi tampilan mesin, sangat jelas tampil identik dengan mesin VMax. Jika Yamaha berencana memperkenalkan trike ini, maka mesin harus mengalami perubahan total supaya memenuhi standar emisi Euro-IV yang lebih ketat.

Dari stang kemudi ke belakang, gaya berkendara tidak mengalami perubahan yang sinifikan. Konsep ini terlihat sangat mempertahankan tangki bahan bakar dengan intake udara di kedua sisi dan 4 buah knalpot. Velgnya menggunakan 10-spoke, yang berbeda desain dengan velg standar pada VMax saat ini. Apabila dilihat dari sketsa paten, jangkauan ke stang sepertinya terlalu panjang dan tinggi.

Yamaha Corporation sudah memproduksi massal serta menjual kendaraan roda 3 dalam bentuk skuter Tricity dan TMAX. Pengungkapannya pada saat ini menunjukkan minat produsen Jepang dalam segmen sepeda motor roda 3. Yoshihiro Hidaka selaku CEO Yamaha Motors baru-baru ini menyatakan keinginannya untuk memiliki seluruh jajaran kendaraan LMW (Leaning Multi-Wheel).